RSS

Mengapa Ponsel Tidak Boleh Dipakai Di Pesawat Terbang??

11 Agu

PONSEL (HP) yang aktif di dalam pesawat terbang dapat mengganggu
kendali / navigasi pesawat, akibatnya pesawat beserta seluruh
penumpang dan awak pesawat terancam keselamatannya.

Pada masa sekarang, naik pesawat bukanlah milik orang yang berkantong
tebal karena tarip relatip murah dan seiring kemajuan teknologi, orang
dapat berkomunikasi dengan mudah cepat, kapan saja dimana saja
termasuk di dalam pesawat terbang, menggunakan Phonsel (HP).
Namun kesadaran keselamatan para penumpang masih sangat kurang

Apa hubungan HP dengan Pesawat Terbang ?

Kedua-duanya adalah makhluk berteknologi tinggi dan keduanya pula ada
hubungan yang kontroversi.

Kendali / Navigasi pesawat menggunakan serangkaian alat eletronik
digital yang sangat sentitif terhadap frekuensi gelombang radio
sedangkan HP mengeluarkan/menerima gelombang radio yang sangat kuat.

Sebuah HP yang sedang aktif & Transmit saat posisi terbang pada
ketinggian 35.000 kaki sanggup menembus jarak radius 35 Km di bawah
pesawat (di pusat kota Jakarta pada radius 35 Km terdapat ± 600 BTS
(Base Transceiver Station), itu artinya disamping menggangu system
Kemudi & Navigasi pesawat, juga menggangu BTS yang mampu terjangkau
oleh HP.

Hukum apa yang patut dituduhkan bagi pengguna HP di dalam pesawat ?

1. Dapat membahayakan keselamatan umum & mengganggu kenyamanan
umum, (Dasar Peraturan FAA (Federal Aviation Administration).

2. Melanggar etika penggunaan HP.

Babagimana kita menyikapi hal ini :

1. Pastikan HP dimatikan saat menyimpan dalam kopor bagasi.

2. Matikan HP ketika akan memasuki ruang pesawat.

3. Bersabarlah, bahwa semua orang tau kita memiliki HP, kita
orang penting dan bergegas untuk menaiki mobil jemputan.

4. HP dihidupkan saat memasuki Gedung Terminal.

Berikut contoh kasus gangguan HP & alat elektronik lainnya terhadap
pesawat terbang :

1. Pesawat CROSSAIR nomor penerbangan LX498 selepas landas dari
Bandara Zurich Swiss, mengalami gangguan kemudi, menukik
dan jatuh menewaskan 10 penumpang.

2. Pesawat SLOVENIA AIR menuju Sarajevo mendarat darurat, karena
HP aktif di Bagasi mengganggu navigasi (alarm di kokpit).

3. Pesawat 747 QANTAS saat akan mendarat (Final Approach) di
Bandara Heathrow London, tiba-tiba miring dan mendaki lagi setinggi
700 kaki, karena 2 CD Player, Electrik Game pada posisi aktif.

4. Seorang Tentara Arab berpangkat Kapten dihukum cambuk 70 kali
karena kedapatan menyalakan HP di dalam pesawat.

5. Seorang Teknisi Inggris dijebloskan dalam penjara karena
menolak permintaan Pramugari British Airways untuk mematikan HP.

Berikut gangguan HP dalam bentuk-bentuk lain :

1. VOR (VHF Omnidirectional Receiver) tidak terdengar.

2. Arah terbang melenceng.

3. Indikator HIS (Horizontal Situational Indicator) terganggu.

4. Gangguan System Navigasi.

5. Gangguan Frekuensi Komunikasi.

6. Gangguan Indikator Bahan Bakar.

7. Gangguan System Kemudi Otomatis.

8. Gangguan arah Kompas (karena Komputer, CD, Game).

9. Gangguan indicator CDI (Course Deviation Indicator) karena Gameboy.

” TENTU SAJA INI DIMAKSUDKAN AGAR KITA SELAMAT SAMPAI DITUJUAN”

Sumber : ARS (AVIATION SAFETY REPORTING SYSTEM) / KOMPAS 24/10/2004

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 11, 2010 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: