RSS

Analisis Perubahan Jumlah Absolut dengan Perubahan Persentase

19 Mar

Pertanyaan no 1.19

Bandingkan antara “Perubahan jumlah absolut” dengan “Perubahan Persentase” sebagai indikator perubahan. Manakah yang lebih baik untuk dianalisis?

Jawaban :

Perbandingan :

  • Persentase dapat dihitung dengan membagi jumlah pertambahan atau pengurangan dari setiap pos dengan jumlah yang terdapat pada laporan tahun sebelumnya atau tahun yang dijadikan pembanding (tahun dasar).
  • Apabila data tahun pembadingnya kosong (nol) atau negatif, maka perubahan dalam persentase tidak dapat ditentukan, begitu pula kalau data yang diperbandingkan sama-sama negatif, maka persentase perubahannya tidak dapat ditentukan.
  • Kalau data pembandingnya ada nilainya sedang data yang diperbandingkan kosong (nol), maka perubahan dalam persentase masih dapat ditentukan.
Sedangkan analisis jumlah absolut :
Analisis ini merubah semua angka dalam laporan keuangan pada tahun dasar menjadi 100. Pemilihan tahun dasar adalah tahun yang dipandang sebagai tahun normal, bukan selalu tahun yang paling awal. Demikian analisis ini dilakukan untuk melihat perkembangan dari waktu ke waktu.

Untuk analisis sebaiknya dengan perubahan persentase karena persentase dianggap memiliki angka yang lebih signifikan dibanding dengan jumlah absolut.

Karena kalau sudah lebih dari tahun, maka lebih baik menggunakan angka indeks, dan semua dapa laporan keuangan yang dianalisa dihubungkan dengan angka indeks tersebut yang dinyatakan dalam persentase. Analisa ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan atau arah (trend) dari posisi keuangan perusahaan.

Nama : Lamtiur Maharani

Kelas : 3DA02

Npm : 40208724

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 19, 2011 in Analisis Laporan Keuangan (ALK)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: